Museum Keraton Sumenep

slide 1
Image Slide 2
Image Slide 1
Image Slide 3
PENDOPO
2
3
previous arrowprevious arrow
next arrownext arrow
Shadow
MARI
BAR

Berita

KOLEKSI

MARI MENGENAL

SEJARAH

Alasan Mengapa Harus Mengunjungi Museum Keraton Sumenep

 639 

   Madura adalah salah satu pulau yang merupakan bagian dari Jawa Timur. Sumenep merupakan satu-satunya dari beberapa kabupaten yang berada di pulau madura yang terdapat kediaman raja peninggalan Kerajaan Sumenep atau biasa disebut Keraton Sumenep. Keraton Sumenep sendiri saat ini menjadi salah satu destinasi wisata Budaya di Madura. Bagi traveller yang akan suka akan sejarah. Keraton Sumenep bisa menjadi alternatif kunjungan saat berada di Pulau Madura.

  Keraton Sumenep terdapat beberapa, salah satunya adalah sebagai kediaman resmi raja yang berkuasa saat itu. Keraton berfungsi sebagai tempat untuk mengatur segala urusan pemerintahan kerajaan. Terdapat beberapa keraton sumenep yang terdiri dari, seperti Karaton Pangeran Siding Puri di Parsanga, Karaton Tumenggung Kanduruan, Karaton Pangeran Lor dan Pangeran Wetan di Karangduak hanya tinggal sisa puing bangunannya saja yakni hanya berupa pintu gerbang dan umpak pondasi bangunan Keraton.

 Keraton Sumenep sendiri dibangun sekitar abad 17, tepatnya tahun 1781. Yang di arsiteki oleh warga keturunan Tiong Hoa ( Lauw Piango)  Bangunan Kompleks Karaton Sumenep sendiri terdiri dari banyak massa, tidak dibangun secara bersamaan namun di bangun dan diperluas secara bertahap oleh para keturunannya. Sehingga seakan-akan banyak berdiri keraton disana. Berikut ini telah kami rangkum beberapa alasan yang patut anda ketahui, mengapa harus berkunjung ke Museum Keraton Sumenep :

1. Sangat cocok untuk para pecinta sejarah

  Museum Keraton Sumenep ini tentunya menyimpan berbagai informasi cerita sejarah masa lalu. Tidak heran, mengingat ada banyak sekali orang yang menyukai wisata sejarah, sebab tidak hanya untuk sekedar melepaskan penat saja, namun juga bisa menambah pengetahuan yang ada. Apalagi yang dipamerkan belum tentu bisa Anda temukan di tempat asal Anda, mengingat setiap daerah memiliki peninggalan sejarah yang berbeda. Jadi tidak heran jika Anda wajib mengunjunginya mengingat hal ini sangat menarik sekali.

 Sebagai sebuah situs yang dahulunya merupakan pusat pemerintahan Kerajaan Sumenep, tentunya nilai sejarah yang dimiliki didalamnya sangatlah padat. Mungkin bagi anda yang di kota asalnya tidak terdapat Keraton, maka Museum Keraton Sumenep merupakan pilihan yang sangat tepat sebagai sarana pembelajaran cerita sejarah.

2. Banyak benda-benda peninggalan sejarah

  Museum erat kaitannya dengan pameran beberapa benda-benda bersejarah. Alasan kedua mengapa anda harus mengunjungi Museum Keraton Sumenep yaitu karena didalam museum ini, banyak sekali benda-benda bekas peninggalan Kerajaan Keraton Sumenep. Benda-benda ini tentunya banyak yang jarang anda temui atau anda ketahui dikehidupan sehari-hari. Nilai-nilai sejarah yang terkandung didalam setiap benda yang ada akan memanjakan anda bahkan dapat membuat anda terheran-heran. Banyak sekali benda yang tidak mungkin dipercaya terkait nilai sejarah yang diceritakan, akan tetapi hal itu memang nyata adanya.

3. Bukan lagi museum yang 'Jadul' atau ketinggalan zaman

  Seiring dengan perkembangan zaman yang sampai saat ini kita rasakan semakin canggih, maka pihak pengelola Museum Keraton Sumenep membuat suatu inovasi agar dapat menarik perhatian dari para pengunjung. Upaya tersebut direalisasikan dalam bentuk “Aplikasi Pengenalan Informasi Objek Bersejarah dengan Menggunakan Teknologi Augmented Reality” dan juga website resmi milik Museum Keraton Sumenep yang dapat anda akses melalui museumkeratonsumenep.com

  Aplikasi ini dapat digunakan oleh para pengunjung melalui smartphone masing-masing. Dalam aplikasi ini para pengunjung dapat mencari informasi terkait benda-benda bersejarah yang ada di dalam museum ini. Setiap benda yang terdaftar dalam aplikasi ini akan terdapat ‘barcode’, yang dimana barcode ini yang digunakan untuk nantinya di scan melalui aplikasi Museum Keraton Sumenep. Aplikasi ini dapat menampilkan deskripsi benda beserta dengan bentuk 3D animasi objek.

  Dengan adanya inovasi ini diharapkan akan ada lonjakan peminat untuk pengunjung Museum Keraton Sumenep. Yuk buat semua yang ingin berkunjung ke Museum Keraton Sumenep dapat langsung ke alamat kita di Jl. Dr. Sutomo No.6, Lingkungan Delama, Pajagalan, Kotasumenep, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur 69416, atau bisa menghubungi narahubung yang tersedia melalui website ini jika anda memiliki beberapa pertanyaan.

Postingan Lainnya

Koleksi

Berita

Koleksi Lainnya